Lorem ipsum dolor sit amet

Sed et justo non mi tincidunt ullamcorper ut ut purus fringilla tristique diam.

Curabitur ullamcorper neque

Morbi sed nulla ac est cursus suscipit eu ac lectus nibh nisi, sed eleifend dolor.

Pellentesque vel est a risus

Vivamus urna lectus, sodales posuere gravida tincidunt, tempus vel sapien.

Teknologi Memory

Soal
1.    Apa itu memori?

2.    Kenapa memori diperlukan pada system computer ?

3.    Apa fungsi memory ?

4.    Apa karakteristik memori?

5.    Bagaiman cara kerja memori?

6.    Apa itu virtual memori?

7.    Kenepa virtual memori digunakan? Apa keuntungannya?

8.    Apa arti ukuran memori = 128 MB?




Jawaban

1.    Memori adalah bagian dari system computer yang berfungsi untuk menampung/menyimpan data maupun program.Memory dalam system computer terbagi atas dua jenis, yaitu INTERNAL MEMORI dan EKSTRNAL MEMORI

Random ACCES Memory (RAM)

Semua data dan program yang dimasukkan melaluio alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama (RAM).Data yang di tampung dalam RAM dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya)oleh pemrogram.RAM mempunyai sifat volatile (sementara), artinya data akan tersimpan di RAM selama computer dalam keadaan hidup.

EKSTERNAL MEMORY (SECONDARY STORAGE)

Memory eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data selain contoh dari memory eksternal adalah floppy disk (disket), Harddisk, CD-room, DVD


2.    Karena memory komputer sebagai tempat penyimpanan data pada computer

3.    Untuk penyimpanan data

 4.    Karakteristik memori:

RAM(Random Akses Memory)

a.    Static

b.    Dinamic

ROM( Read Only Memori)

c.    PROM

d.    EPROM

e.    EEPROM      

 5.    Cara Kerja Memori
 Secara teknis, memory atau sering disebut dengan RAM (Random Access Memory), adalah perangkat atau hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Sebetulnya, fungsi RAM ini adalah sebagai “pembantu” bagi harddisk. Sebab, ketika CPU komputer anda akan mengambil data, dia harus terus-menerus memanggil mengakses harddisk untuk mengambil setiap bagian data yang dibutuhkan, dan tentunya akan memakan waktu lama / lambat. Makanya, informasi yang dibutuhkan itu disimpan sementara di dalam memory. Memory bekerja dengan cara menyimpan, lalu menyuplai data-data penting yang dibutuhkan oleh processor dengan cepat untuk dapat diolah menjadi informasi. Makanya, fungsi kapasitas adalah hal yang sangat penting bagi memory, karena semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan diteruskan, sehingga akan membuat processor dapat bekerja lebih cepat.

INPUT STORAGE => PROGRAM STORAGE => WORKING STORAGE => OUTPUT STORAGE



6.    Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition. Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat sebuah komponen yang mengatur memori virtual, yakni Virtual Memory Manager (VMM). VMM dapat memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses yang berjalan ke dalam page memori fisik di dalam komputer. Dengan cara begini, setiap proses pun dapat memperoleh memori virtual yang cukup agar dapat berjalan, dan yang terpenting adalah setiap proses tidak mengganggu memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM menangani paging antara RAM dan page file, dengan memindahkan page dengan menggunakan sebuah cara yang disebut sebagai demand paging. Hasilnya, setiap aplikasi 32-bit pun dapat mengakses memori hingga 4 gigabyte (meskipun Windows hanya membatasi proses yang berjalan dalam modus pengguna hanya sebatas 2 GB saja).


7.    Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat sebuah komponen yang mengatur memori virtual, yakni Virtual Memory Manager (VMM). VMM dapat memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses yang berjalan ke dalam page memori fisik di dalam komputer. Dengan cara begini, setiap proses pun dapat memperoleh memori virtual yang cukup agar dapat berjalan, dan yang terpenting adalah setiap proses tidak mengganggu memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM menangani paging antara RAM dan page file, dengan memindahkan page dengan menggunakan sebuah cara yang disebut sebagai demand paging. Hasilnya, setiap aplikasi 32-bit pun dapat mengakses memori hingga 4 gigabyte (meskipun Windows hanya membatasi proses yang berjalan dalam modus pengguna hanya sebatas 2 GB saja).


Keuntungannya

• Keamanan bukanlah masalah.
o Virtual Memory (VM) mempunyai pelindungan lengkap pada berbagai sistem sumber
   daya.
o Tidak ada pembagian sumber daya secara langsung. Pembagian disk mini dan
    jaringan diimplementasikan pada perangkat lunak.
• VM sistem adalah kendaraan yang “sempurna” untuk penelitian dan pengembangan system operasi.
o Dengan VM perubahan suatu bagian tidak akan mempengaruhi komponen yang lain.
o Berkurangnya proses I/O yang dibutuhkan (lalu lintas I/O menjadi rendah)
o Ruang menjadi lebih leluasa karena berkurangnya memori fisik yang digunakan
o Meningkatnya respon karena menurunnya beban I/O dan memori Bertambahnya jumlahpengguna yang dapat dilayani. Ruang memori yang masih tersedia luas memungkinkan komputer untuk


1.    Apa itu harddisk dan fungsi ?
2.    Jenis dan karakteristik harddisk ?
3.    Bagian harddisk ?
4.    Cara kerja harddisk ?
5.    Troubleshooting pada harddisk ?
6.    Teknologi harddisk ?
7.    Cara merawat harddisk ?



Jawaban

1.    Harddisk

Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.Fungsi Harddisk merupakan ruang simpan utama dala sebuah computer. Di situlah seluruh system operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasu disimpan.

2.    Jenis-jenis harddisk
v Disk ATA / EIDE, hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment) adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus, Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer). Keuntungan drive EIDE / ATA yang signifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa. Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.
v Disk SCSI, banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data. Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.
v Disk RAID, menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata – rata.
v Disk SATA, hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi Serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.
v SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah – pindahkan. Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps.

3.    bagian-bagian harddisk
Track: lingkaran konsentris yg terdapat disepanjang keliling lingkaran piring
Sector : bagian dari track
Cluster : kumpulan beberapa sector
Cylinder : kumpulan dari track
Block : data yang terdapat pada 1 sector di 1 track

4.    Cara kerja harddisk
•    pada saat berhenti head berada diatas piringan hard disk
•    pada saat diaktifkan piringan hard disk berputar di spindel.Perputaran yang standar ialah 5200rpm-10000rpm,sedangkan yang khusus 7200-1500rpm.
•    pada saaat berputar sangat cepat head mengembang pada piringan hard disk sedangkan head bergerak ke kiri ke kanan
•    pada saat mengembang itu baru head melakukan pembacaan dan menulis
•    motor spindel berputar berlawanan dengan arah jarum jam
•    karna perputaran sangat cepat akan mengakibatkan gaya permukaan sehingga head mengambang pada pletter
•    pada saat komputer/hard disk dimatikan membuat head mendarat /berhenti pada tempat tertentu,disebut landing zone

5.    troubleshooting
Kasus:
Pada DOS muncul pesan kesalahan “Disk Boot Failure,” “Non-System Disk” atau “No ROM Basic – SYSTEM HALTED”.
Solusi:
•    Install kembali file sistem DOS menggunakan utility DOS SYS.
•    Cek semua kabel yang terpasang pada motherboard.
•    Gunakan FDISK untuk melihat apakah partisi primer (biasanya diatur untuk hard disk dan digunakan untuk booting pertama kali) sudah aktif atau belum.
•    Cek apakah hard disk terkena virus atau tidak, dengan menggunakan anti virus

6.    Teknologi dalam harddisk
a.    Kerapatan Data/Teknologi Bahan
b.    Struktur head baca/tulis
c.    Kecepatan Putar Disk
d.    Kapasitas
 Kapasitas harddisk pada saat ini sudah mencapai orde ratusan GB. Hal ini dikarenakan teknologi bahan yang semakin baik, kerapatan data yang semakin tinggi. Teknologi dari Western Digital saat ini telah mampu membuat harddisk 200GB dengan kecepatan 7200RPM. Sedangkan Maxtor dengan Maxtor MaxLine II-nya yaitu harddisk berukuran 300GB dengan kecepatan 5400RPM. Beriringan dengan transisi ke ukuran harddisk yang lebih kecil dan kapasitas yang semakin besar terjadi penurunan dramatik dalam harga per megabyte penyimpanan, membuat hardisk kapasitas besar tercapai harganya oleh para pemakai komputer

e.    Teknologi RAID
f.    HAS( Host Attached Strorage)
g.    NAS (Network Attached Storage)

7.    Cara merawat harddisk

o    Defragmentasi

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks gan

Posting Komentar